Cara Google Menemukan Website Blog Anda

Ya, ternyata seperti inilah. Begini cara Google menemukan website blog Anda. Mesin pencari web akan bekerja keras dengan berbagai cara antara lain dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini akan diambil langsung dengan Web Crawler (browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang lihatnya). Anda isi setiap halamannya, lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya, misal kata-kata yang diambil dari judul, atau field khusus yang disebut meta tag. 


Data tentang halaman web akan disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, akan menyimpan seluruh atau seagian halaman sumber (ini disebut cache) ataupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, mesin pencari juga akan menyimpan dan memberikan informasi tentang hasil pencarian, berupa pranala yang merajuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto, informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Ketika seorang pengguna internet mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya memasukan kata kunci, lalu mesin akan mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya juga disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang juga sebagian dari teks artikelnya tersebut.

Ketahuilah, ada beberapa jenis mesin pencari popular lainnya; mesin pencari real-time seperti Orase. Mesin pencari ini tidak menggunakan indeks. Informasikan yang diperlukan mesin pencari tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru.

Jelas, jika dibandingkan dengan sistem pencari (search engine) berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin pencari raksasa seperti Google, sistem real-time ini akan lebih unggul dalam beberapa hal, yaitu: informasi selalu muktahir; (hampir) tidak ada pranala yang mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan (Google menggunakan 100.000 komputer; Orase hanya satu komputer). Namun juga ada kelemahannya, yaitu pencarian akan lebih lama selesainya.

Manfaat mesin pencari akan bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya, meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frasa, serta sebagian halaman mungkin akan lebih relevan, popular, autoritatif dari pada yang lain. Kebanyakan mesin pencari akan menggunakan berbagai metoda untuk menentukan peringkat terlebih dahulu. Cara mesin pencari menentukan halaman mana yang paling sesuai dan bagaimana urutan halaman-halaman itu akan diperlihatkan secara bervariasi. Metoda-metoda itu juga akan berubah seiring dengan perkembangan penggunaan internet dan berevolusinya  tehnik-tehnik baru.

Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung dari pemasukan iklan karena itu sebagian akan menjalankan praktek kontroversial, yaitu memperbolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Jika saja Anda perhatikan, sekitar tahun 2001, mesin pencari Google sudah mulai berkembang menjadi lebih besar. Keberhasilan ini didasrkan pada bagian konsep dasar dari link aktif popularity dan Page Rank.setiap halaman akan diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait dari sebuah premis bahwa itus yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The Page Rank) dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukan. User Interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini akan berkembang ke para pesaingnya Aset teknologi utama Google adalah pada sistem algoritma yang mereka miliki dan formula sistem rangking yang rumit dan diberikan kepada para pemakai, serta hasil pencarian yang bagus. Seringkali terkesan bahwa Google mampu membawa pikiran dari setiap orang yang mencari lewat mesin pencari raksasa ini.

Hasil dari sistem algoritma akan dirangkum dalam sebuah statistik rangking tunggal yang disebut Page Rank. Google sangat merahasiakan formula Page Rank ini, tetapi perusahaan tersebut akan mempromosikan pentingnya Page Rank dan menawarkan pada para webmaster tentang petunjuk-petunjuk umum untuk meningkatkan Page Rank. Google akan menunjukkan sistem penilaian rata-rata dari setiap situs (dalam skala 0-10) dalam toolbar Google. Walaupun formula yang dirahasiakan, tetapi ramuan dasar Page Rank ini kini dikenal publik.

#
Artikel Terkait:
7 Trik Ajaib SEO -- 7 Pendekatan SEO Terbaik -- Sejarah Google SEO -- Cara Backlink Keyword SEO -- 5 Manfaat Besar Google SEO -- Preposisi Kata Dalam SEO -- 13 Cara Ajaib Keyword SEO -- Update SEO Indonesia 2016 -- Cara Sistem Pengindeksan Google -- Cara Google Menemukan Website Anda -- Mengenal Googlebot, Freshbot dan Deepbot -- Alexa: Claim Has Been Retired - May 2016 -- 3 Konseptualisasi Komunikasi SEO -- Backlink Adalah Usaha Untuk Memperoleh Makna ---

Cinarana Maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram