3 Konseptualisasi Komunikasi SEO

Ditulis dengan sangat cermat oleh, Jual Backlink Terarah. Setidaknya ada tiga kerangka pemahaman mengenai ini semua, menggeledah dunia marketing internet keseluruhan dan menyeluruh, mengenai komunikasi SEO, yakni komunikasi SEO sebagai tindakan satu-arah, komunikasi SEO sebagai interaksi, dan komunikasi SEO sebagai transaksi. 

Komunikasi SEO fungsinya akan terlihat berbeda-beda, meskipun adakalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih diantara berbagai pendapat tersebut. Bahwa komunikasi SEO untuk menyatakan dan mendukung identitas, untuk membangun kontak sosial dengan yang berada di sekitar, bahkan bisa untuk mempengaruhi yang lain untuk merasa, berfikir, atau berprilaku seperti yang diinginkan.


Komunikasai SEO sebagai Tindakan Satu-Arah
Suatu pemahaman populer mengenai kumunikasi SEO adalah komunikasi yang mengisyarakatkan penyampaian pesan searah dari sistem kepada sistem atau beberapa sistem lainnya. Misalnya sistem itu mempunyai informasi mengenai suatu masalah, lalu sistem tersebut menyampaikannya kepada sistem lain, sistem lain mendengarkan, dan mungkin berperilaku sebagai hasil mendengarkan pesan tersebut, lalu komunikasi SEO dianggap telah terjadi. Jadi, komunikasi SEO dianggap suatu proses linier yang dimulai dengan sumber atau pengirim dan berakhir pada penerima, sasaran dan tujuannya.
Pemahaman komunikasi SEO sebagai proses searah ini kami sebut “definisi berorientasi-sumber” (source-oriented definition).” Definisi ini mengisyarakatkan komunikasi SEO sebagai semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan sistem untuk menyampaikan rangsangan untuk membangkitkan respons dari sistem lainnya. Dalam konteks ini, komunikasi SEO dianggap tindakan yang disengaja (intentional act) untuk menyampaikan pesan demi memenuhi kebutuhan komunikator, seperti menjelaskan sesuatu kepada sistem lain atau membujuknya untuk melakukan sesuatu. Definisi-definisi komunikasi SEO demikian mengabaikan komunikasi yang tidak disengaja, seperti pesan email tidak direncanakan. Definisi-definisi berorientasi-sumber ini juga mengabaikan sifat prosesual interaksi —memberi dan menerima— Pendek kata, konseptualisasi komunikasi SEO sebagai tindakan satu arah menyoroti penyampaian pesan yang efektif dan mengisyaratkan bahwa semua kegiatan komunikasi SEO bersifat instrumental dan persuasif. 


Komunikasi SEO Sebagai Interaksi
Konseptualisasi kedua yang sering diterapkan pada komunikasi SEO adalah interaksi. Dalam arti sempit interaksi berarti saling mempengaruhi (mutual influence). 
Pandangan komunikasi SEO sebagai interaksi menyetarakan komunikasi dengan proses sebab-akibat atau aksi-reaksi, yang arahnya bergantian. Sistem menyampaikan pesan, sistem lain sebagai penerima bereaksi dengan memberi jawaban, kemudian sistem pertama bereaksi lagi setelah menerima respons atau umpan balin dari sistem kedua, dan begitu seterusnya. Pokoknya masing-masing dari kedua pihak berfungsi secara berbeda, bila yang satu sebagai pengirim, maka yang satunya lagi sebagai penerima. Begitu pula sebaliknya. Pandangan ini selangkah lebih maju dari pandangan pertama tadi, yakni komunikasi SEO sebagai satu arah, namun pemahaman ini juga kurang menandai untuk menguraikan dinamika proses komunikasi SEO karena mengabaikan kemungkinan bahwa sistem-sistem dapat mengirim dan menerima pesan pada saat yang sama.

Komunikasi SEO sebagai interaksi kami nilai sedikit lebih dinamis daripada komunikasi SEO sebagai tindakan satu arah. Namun pandangan kedua ini masih membedakan para sistem sebagai pengirim dan penerima pesan, karena itu masih tetap berorientasi sumber, meskipun kedua peran tersebut dianggap bergantian. Jadi, pada dasarnya proses interaksi yang berlangsung juga masih bersifat mekanis dan statis.
Salah satu unsur yang dapat ditambahkan dalam konseptualisasi kedua ini adalah umpan balik (feed back), yakni apa yang disampaikan penerima pesan kepada sumber pesan, yang sekaligus digunakan sumber pesan sebagai petunjuk mengenai efektivitas pesan yang sistem sampaikan sebelumnya: apakah dapat dimengerti, dapat diterima, menghadapi kendala dan sebagainya, sehingga berdasarkan umpan balik itu, sumber dapat mengubah pesan selanjutnya agar sesuai dengan tujuannya.


Komunikasi SEO Sebagai Transaksi
Komunikasi SEO sebagai transaksi memungkinkan pesan atau respons bisa diketahui secara langsung. Kelebihan konseptualisasi komunikasi sebagai transaksi adalah bahwa komunikasi SEO tersebut tidak membatasi kata pada komunikasi SEO yang disengaja atau respons yang dapat diamati. Artinya, komunikasi terjadi apakah para pelakunya menyengajanya atau tidak, dan bahkan meskipun menghasilkan respons yang tidak dapat diamati. Dalam komunikasi SEO transaksional, komunikasi dianggap telah berlangsung bila sistem telah menafsirkan perilaku sistem yang lain, baik langsung maupun tidak langsung. Pemahaman ini mirip dengan “definisi berorientasi-penerima” (recever-oriented definition), yang menekankan variabel-variabel yang berbeda, yakni penerima dan makna pesan bagi penerima, hanya saja penerimaan pesan itu juga berlangsung dua-arah, bukan satu-arah. 


Bahwa komunikasi SEO pada dasarnya adalah suatu proses dinamis yang secara sinambung mengubah pihak-pihak yang berkomunikasi.

Cinarana Maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram